Hubble Spots Bukti Air di Bulan Jupiter

Para ilmuwan telah melihat bukti uap air di atmosfer bulan Jupiter, Ganymede. Studi yang sesuai diterbitkan di Nature Astronomy oleh kolaborasi peneliti internasional.

Para ilmuwan telah menduga selama beberapa waktu bahwa Ganymede, bulan terbesar di tata surya, memiliki lebih banyak air di bawah permukaannya daripada lautan di Bumi. Namun, karena suhu dingin yang ekstrem di bulan, mereka menduga bahwa air hanya bisa berada 100 mil di bawah permukaan bulan, yang berarti tidak akan ada uap air di atmosfer planet.

Gambar yang diambil pada tahun 1998 oleh Hubble's Space Telescope Imaging Spectrograph (STIS) mengungkapkan dua gambar pita warna-warni dari gas listrik yang dikenal sebagai ikatan aurora. Sementara pengamatan UV ini sebagian dapat dijelaskan dengan adanya oksigen molekuler, beberapa fitur tampaknya terkait dengan konsentrasi oksigen atom yang lebih tinggi.

Untuk melihat mengapa hal ini terjadi, para peneliti mulai mengukur jumlah oksigen atom di atmosfer bulan dengan Hubble pada tahun 2018. Menggunakan gambar baru yang diambil oleh Spektrograf Asal Kosmik Hubble dan gambar arsip dari STIS, mereka menemukan bahwa, bertentangan dengan sebelumnya. percaya, hampir tidak ada oksigen di atmosfer bulan.

Suhu permukaan Ganymede bervariasi sepanjang hari, menjadi cukup panas sekitar tengah hari di dekat khatulistiwa untuk melepaskan sejumlah kecil molekul air. Setelah pemeriksaan lebih dekat dari berbagai gambar, para peneliti menemukan bahwa perbedaan yang dirasakan dalam gambar UV berkorelasi dengan waktu ketika uap air dapat terjadi.

"Sejauh ini, hanya molekul oksigen yang diamati," kata Lorenz Roth, penulis utama studi tersebut. "Ini dihasilkan ketika partikel bermuatan mengikis permukaan es. Uap air yang kami ukur sekarang berasal dari sublimasi es yang disebabkan oleh pelepasan termal uap air dari daerah es yang hangat."

Para peneliti mengatakan bahwa temuan mereka mungkin memberikan penelitian masa depan tentang Ganymede melalui JUpiter ICy moons Explorer (JUICE) dari tahun 2029 dengan informasi berharga yang dapat menyempurnakan rencana pengamatan.

0 Comments