Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar Agar cepat diterima

Surat lamaran kerja yang kita kirimkan ke HRD suatu perusahaan, kantor, organisasi, toko, restoran atau café dan sebagainya akan menentukan apakah kita diterima bekerja atau tidak. Surat lamaran kerja memuat informasi mengenai data pelamar yang akan diseleksi oleh pihak penyedia lowongan kerja atau loker. Untuk itu jika ingin cepat mendapatkan pekerjaan maka harus mengetahui cara membuat Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar.

Bukan berdasarkan apakah surat lamaran kerja dibuat dengan tangan atau diketik di Microsoft Word, dikirim langsung atau dikirim melalui formulir elektronik dalam bentuk file Pdf, melalui email dan sebagainya. Surat lamaran kerja agar lolos seleksi dan mudah diterima kerja harus menarik dan kreatif. Mulai dari tata cara penulisan, bahasa yang digunakan hingga keseluruhan isi surat lamaran kerja.

Lalu bagaimana cara menulis surat lamaran kerja? langkah-langkah cara membuat surat lamaran kerja dan berbagai surat pendukung penting lainnya seperti Curriculum Vitae (CV) atau curriculum vitae memerlukan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai tips dan trik dan jangan sampai salah.



Buat kamu yang ingin membuat surat lamaran kerja tapi bingung harus mulai dari mana, hal apa saja yang perlu diperhatikan dan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja, yuk simak informasinya berikut ini.

Cara membuat surat lamaran kerja yang tepat agar cepat diterima



Tuliskan poin-poin penting secara berurutan


Dalam menulis surat lamaran kerja, ada poin penting yang menunjukkan informasi data diri Anda yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain itu, poin-poin tersebut harus ditulis dengan rapi dan berurutan. Misalnya, Anda harus menyebutkan posisi pekerjaan yang ingin Anda lamar di perusahaan secara spesifik, apalagi jika perusahaan tersebut membutuhkan banyak karyawan baru dengan beberapa posisi.

Surat lamaran yang baik dan benar harus memiliki susunan isi yang berkesinambungan. Poin-poin yang harus Anda sertakan dalam surat lamaran kerja Anda adalah sebagai berikut:
  1. Tempat dan Tanggal Surat Dibuat
  2. Nama lengkap perusahaan atau HRD yang dituju
  3. Salam pembuka
  4. Bagian pendahuluan atau pembuka
  5. Biodata pribadi dengan jelas dan singkat
  6. Deskripsi profesi atau pekerjaan yang dilamar
  7. Latar belakang pendidikan, pengalaman kerja sebelumnya dan keterampilan apa yang Anda miliki
  8. Penutupan


Gunakan Bahasa yang Baik


Surat lamaran kerja termasuk surat dinas yang harus menggunakan bahasa baku atau resmi dengan bahasa yang sopan, baik dan memberikan kesan profesional. Dengan kata lain, bukan hanya pengalaman atau keterampilan Anda yang penting, tetapi penggunaan tata bahasa EYD dengan benar dan kalimat yang tidak berulang. Jika surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, cobalah untuk menggunakan tata bahasa yang tepat.

Singkat, padat dan jelas


Surat lamaran Anda akan lebih profesional jika dapat ditulis secara singkat, padat namun jelas. Artinya jangan menggunakan kalimat atau kata-kata yang rumit atau bahkan sulit dipahami. Selain itu, hindari penulisan yang bertele-tele, malah berikan poin-poin penting yang bisa menjadi highlight dari surat lamaran kerja Anda.



Jangan hanya copy paste


Salah satu hal penting yang sering diremehkan oleh sebagian orang adalah copy paste surat lamaran kerja. Seperti yang kita ketahui banyak sekali contoh surat lamaran kerja di internet, sehingga sangat memudahkan kita dalam menulis lamaran kerja. Kita memang bisa menggunakan contoh ini, tapi jangan lupa untuk mengeditnya kembali.

Jangan lupakan poin-poin penting yang perlu Anda isi dan perhatikan seperti tujuan perusahaan, tanggal, atau bahkan informasi identitas Anda. Jika Anda lupa salah satunya, itu dapat memengaruhi penilaian pemilihan pekerjaan Anda.

Surat lamaran lengkap


Selain memperhatikan isi surat lamaran, dalam membuat surat lamaran juga harus memperhatikan data pendukung apa saja yang dibutuhkan. Umumnya untuk kelengkapan dokumen, diperlukan fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, sertifikat, piagam, sertifikat pendidikan dan masih banyak lagi. Pastikan Anda melengkapi data yang diminta oleh perusahaan. Surat lamaran lengkap akan menjadi nilai tambah.

CV Kualifikasi atau Curriculum Vitae


Kelengkapan surat lamaran kerja yang perlu Anda buat sendiri juga CV atau curriculum vitae. Anda juga harus menghindari kesalahan CV . Dimana CV juga harus memperhatikan beberapa hal seperti bersikap objektif, termasuk data diri yang lengkap seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan memuat keahlian atau kualifikasi Anda dengan baik.

Uraian di atas merupakan informasi lengkap yang membahas tentang cara membuat surat lamaran kerja yang benar agar cepat diterima. Apapun profesi pekerjaan yang Anda lamar, baik di perusahaan besar maupun kecil, Surat Lamaran Kerja yang Anda berikan harus tetap yang terbaik dan profesional karena Surat Lamaran Kerja yang mencerminkan siapa Anda.

Ada banyak contoh surat lamaran kerja yang disediakan di media informasi, Anda dapat memberikan contoh salah satu dari mereka, tapi ingat untuk memperhatikan hal-hal yang telah kita bahas di atas, mulai dari hal-hal yang perlu diperhatikan dan cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dengan persiapan yang baik, Anda pasti akan diterima di dunia kerja. Semoga bermanfaat.

0 Comments