Cara Agar Tetap Berenergi di Tempat Kerja


Banyak orang memulai hari kerja mereka dengan perasaan segar dan siap untuk pergi. Namun, saat makan siang, Anda mungkin merasa mengantuk, mudah tersinggung, dan hanya ingin pulang. Ini biasanya tidak mungkin dilakukan selama hari kerja. Namun, Anda dapat tetap berenergi sepanjang hari dengan memiliki pagi yang baik, bergerak sepanjang hari, dan tetap makan dan minum dengan benar.

1. Bangun pagi

Tidur nyenyak. Usahakan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam sebelum bekerja. Ini dapat mengisi ulang dan rileks sendiri. Ini juga dapat membantu Anda memulai hari dengan kaki kanan dan memastikan Anda memiliki energi sepanjang hari.

Bangun dengan musik. Bangun dapat menjadi bagian tersulit dari hari Anda. Mainkan musik yang menenangkan dan ceria alih-alih alarm. Ini bisa membantu Anda bangun dengan tenang dan rileks serta menyegarkan Anda sepanjang hari.
  • Atur waktu alarm Anda berdasarkan waktu kerja dan rutinitas pagi Anda. Misalnya, jika Anda harus berada di tempat kerja pada jam 9:30 dan Anda membutuhkan waktu ½ jam untuk bersiap-siap dan ½ jam untuk bepergian, Anda harus bangun selambat-lambatnya jam 7:30 pagi. Masukkan tambahan 15 menit sehingga Anda dapat menunda atau jika Anda terlambat.
Peregangan tubuh dan pikiran Anda. Alih-alih melompat dari tempat tidur segera, regangkan dengan lembut di tempat tidur atau lakukan yoga ringan. Ini bisa membuat Anda rileks dan darah mengalir. Ambil napas dalam-dalam beberapa kali dengan menghirup hidung Anda dan buang napas dari mulut Anda untuk lebih bangun dan rileks Anda. Kemudian duduk, letakkan kaki Anda di lantai dan lakukan satu atau dua peregangan lagi.

Makan sarapan setiap hari. Ada alasan mengapa orang mengatakan, "Sarapan adalah makanan yang paling penting hari ini." Sarapan yang sehat memberi Anda dorongan energi dan nutrisi yang Anda butuhkan untuk tetap berenergi sepanjang hari. Ini juga dapat mencegah kemerosotan di pertengahan pagi atau gula darah rendah yang dapat menurunkan energi Anda atau membuat Anda rewel.
  • Sertakan satu pilihan dari empat kelompok makanan: roti dan biji-bijian, susu, dan buah-buahan atau sayuran. Misalnya, makan roti gandum dengan alpukat, secangkir yogurt Yunani rendah lemak dengan buah beri, dan secangkir kopi. Anda juga bisa makan bagel biji-bijian utuh dengan sepotong daging kalkun dan keju leleh rendah lemak, secangkir buah beri dicampur dengan pisang, dan teh dengan susu. Menambahkan gula ½ sendok teh dalam kopi Anda atau minum segelas jus jeruk kecil juga dapat membantu daya ingat Anda sepanjang hari.
Mandi. Berdirilah di bawah pancuran air hangat sebelum atau sesudah sarapan. Ini juga bisa menyegarkan dan meremajakan Anda setelah tidur malam, dan mungkin sedikit berkeringat.
  • Mandi di air antara 36 dan 40 derajat Celcius (95 hingga 105 derajat Fahrenheit). Berganti-ganti antara air hangat dan dingin untuk membangunkan dan memberi energi Anda lebih jauh. Cuci dengan sabun atau sabun tubuh dengan aroma seperti serai, lavender, atau lada hitam. Bau mereka dapat memberi Anda tambahan energi.
Pakailah pakaian yang nyaman. Menjadi tidak nyaman bisa membuat pekerjaan terasa seperti siksaan. Pilih pakaian longgar dan nyaman yang bisa Anda lapisi. Ini memungkinkan Anda untuk bergerak dengan mudah dan mungkin tidak membuat Anda menyempit di siang hari.


2. Waspadai Pekerjaan Anda


Nyalakan ruang kerja Anda. Cahaya putih terang merangsang tubuh dan pikiran Anda. Buka tirai dan nyalakan lampu di ruang kerja Anda. Pertimbangkan menempatkan lampu kecil di ruang yang lebih gelap. Memiliki banyak cahaya dapat membuat Anda tetap waspada dan tidak mengantuk.
  • Gunakan watt lebih tinggi, bola lampu jernih jika Anda bisa.

Gunakan postur yang tepat. Pegang kepala, punggung, dan leher Anda dalam posisi netral dan lurus. Tarik perut Anda, dorong bahu Anda ke belakang, dan jaga agar kaki Anda tetap rata di lantai untuk memperkuat posisi duduk dan berdiri yang tepat ini. Ini dapat mengoksigenasi darah Anda, yang membuat Anda tetap berenergi, terjaga, dan waspada. Itu juga bisa mencegah ketegangan. 
  • Periksa posisi Anda setiap jam untuk mencegah bungkuk, yang dapat membuat Anda mengantuk.

Regangkan kaki Anda. Setiap jam, regangkan kaki Anda. Ini dapat memberi Anda istirahat mini dan juga meningkatkan energi dengan mengalirkan darah ke seluruh tubuh Anda.
  • Lakukan peregangan yang berbeda termasuk mendorong kaki ke depan, mendorong dan menarik jari-jari kaki ke arah dan menjauh dari Anda, serta melakukan pergelangan kaki dan pergelangan tangan.
  • Pertimbangkan untuk meminta meja berdiri atau bergerak agar tubuh Anda terus bergerak. Ini juga dapat merangsang otak Anda dan merilekskan tubuh Anda.

Beristirahat sejenak. Beri diri Anda istirahat 10 menit di pagi hari dan lagi di sore hari. Lakukan sesuatu yang Anda sukai seperti beristirahat di bangku taman atau berjalan-jalan. Ini membantu mengedarkan darah Anda dan mendorong oksigen ke otak Anda. Ini juga menyegarkan tubuh dan pikiran Anda, meningkatkan relaksasi, dan meredakan stres.
  • Gambar atau coret-coret di selembar kertas cadangan, gulung selembar tanah liat, atau genggam bola stres. Ini dapat membuat Anda lebih waspada dan rileks.

3. Mengisi Tubuh Anda

Tingkatkan energi dengan camilan. Energi dan suasana hati Anda mungkin berkurang sebelum dan sesudah makan siang. Nikmati camilan pertengahan pagi dan sore hari agar tetap bersemangat. Ini juga dapat meningkatkan mood Anda. Pilih camilan bergizi seperti:
  • Kacang campur
  • Popcorn rendah lemak
  • Buah segar dengan secangkir yogurt atau keju cottage
  • Pretzel dan saus alpukat
  • Batang protein
  • Potong sayuran dan hummus
  • Telur rebus
  • Irisan apel dan mentega almond
  • Keju tali

membatalkan makan siang yang berat. Kemas makan siang atau pilih salad atau hidangan ringan lainnya jika Anda makan di restoran. Pertimbangkan pilihan yang lebih ringan seperti sup dan salad dengan protein seperti ayam. Ini dapat menjaga agar darah tidak beralih ke perut Anda, yang menyebabkan energi membengkak.
  • Hindari makanan tinggi gula, yang dapat menurunkan kewaspadaan dan energi Anda.

Tetap terhidrasi. Minumlah setidaknya 8 ons air atau minuman lain seperti 100% jus atau teh setiap jam di siang hari. Dehidrasi dapat menyedot energi Anda dan menurunkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi pada pekerjaan.
  • Minum minuman berkafein dan bergula dalam jumlah sedang. Ini mungkin memberi Anda dorongan energi sesaat, tetapi terlalu banyak darinya dapat membuat Anda gelisah dan tidak dapat berkonsentrasi.
  • Hindari alkohol selama bekerja. Ini bisa membuat Anda mengantuk dan tidak bisa berkonsentrasi.

Bau atau kunyah peppermint. Aroma peppermint dapat menstimulasi pikiran Anda, membuat Anda tetap waspada, dan membuat Anda rileks. Kunyah atau hisap permen karet atau permen selama hari kerja. Simpan sebotol minyak esensial peppermint di meja Anda untuk mencium aroma sesuka Anda.

0 Comments